___________________________

Linda Munjiyah, orangnya kalem, Sederhana, Cantik juga pastinya

MS Excel

 MENGENAL CELL DASAR MS EXCEL
 
Dalam Microsoft Office Excel, Anda akan menjumpai istilah kata Sel (Cell). Adapun pengertian Sel dalam Ms. Excel yaitu sebuah blok bangunan dasar dari worksheet. Sel dapat berisi berbagai konten seperti teks, atribut format, formula, dan fungsi.

Untuk dapat menguasai program Ms. Excel, Anda perlu mengetahui cara kerja Microsoft Excel dari tingkat dasar dan tingkat menengah keatas. Untuk tingkat dasar Excel, Anda akan mengenal tentang Cell Microsoft Excel 2010.

Sel dan isi sel Ms. Excel memungkinkan Anda untuk menghitung, menganalisis, dan mengatur data. Dalam pelajaran ini, lebih lanjut Anda akan belajar bagaimana cara memilih sel microsoft excel 2010, memasukkan isi sel, dan menghapus sel dan isi sel Excel 2010. Selain itu, Anda juga akan belajar bagaimana cara memotong, copy dan pasta sel, sel drag dan drop Ms. Excel 2010, dan masih banyak lagi.

Cell Dasar Excel 2010

Sel merupakan sebuah persimpangan dari baris dan kolom dalam Program Excel. Dan setiap persegi panjang dalam worksheet disebut sel. Untuk lebih jelas mengetahui sel excel, silakan perhatikan gambar dibawah ini.
Baris 4, Kolom D

Perlu Anda ingat, bahwasanya setiap sel memiliki nama atau alamat sel yang memotong berdasarkan kolom dan baris sel. Alamat sel dari sel yang dipilih akan muncul di kotak Nama. Sebagai contoh, di sini Anda dapat melihat alamat sel yang dipilih yaitu "C5".
Alamat atau Nama Sel

Sampai tahap ini, sekarang Anda sudah mengerti tentang baris, kolom dan sel microsoft excel 2010 serta nama/alamat sel. Selanjutnya Anda akan belajar bagaimana cara memilih Sel Excel.

Dan berikut adalah cara memilih Cell dan/atau Multiple Cell Microsoft Excel 2010
Cara Memilih Sel
  1. Klik pada sel untuk memilihnya. Ketika sel dipilih Anda akan melihat bahwa perbatasan sel akan muncul kursor pada kolom judul dan baris judul sel yang disorot.
  2. Lepaskan mouse Anda. Sel akan tetap terpilih sampai Anda klik pada sel lain dalam worksheet.
Anda dapat memanfaatkan tombol panah pada keyboard komputer untuk menavigasi worksheet Ms. Excel

Cara Memilih Banyak Sel (Multiple Cell)
  1. Klik dan tarik mouse Anda kearah yang Anda inginkan, sampai semua sel yang dipilih disorot.
  2. Lepaskan mouse Anda. Maka sel-sel akan tetap terpilih sampai Anda klik pada sel lain dalam worksheet.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah mempelajari Micorosoft Excel 2007, maka dalam mempelajari Excel 2010 ini tidaklah begitu sulit. Karena, dari segi desain atau tampilan Microsoft Excel 2010 tidak jauh berbeda dengan Micorosft Excel 2007, dan fungsinya pun hampir sama, hanya saja pada perintah Print Out (Cetak) jauh sedikit berbeda.


Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dengan adanya blog Tutorial Ilmu KomputerKu, akan di jelaskan secara detail tentang ilmu komputer, termasuk Tutorial Excel 2010 bagi Pemula dan Menengah ke atas.


Sebagai bahan pembelajaran awal, pada halaman ini akan dijelaskan tentang Cara Memulai Excel 2010, yaitu dengan memahami tentang Menu Ribbon dan Quick Access Toolbar.

Menu Ribbon Excel 2010

Ribbon adalah sebuah menu program Ms. Excel yang berisi beberapa tab, dengan masing-masing tab terdapat beberapa kelompok dan perintah. Disini, Anda dapat menambahkan tab sendiri yang berisi perintah favorit Anda.


Cara Mensetting Ribbon

Dalam menu ribbon Excel 2010, Anda dapat menyesuaikan pita dengan menciptakan tab Anda sendiri yang menampung perintah yang Anda inginkan. Perintah selalu ditempatkan dalam suatu kelompok, dan Anda dapat membuat grup sebanyak yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda bahkan dapat menambahkan perintah ke salah satu tab default, selama Anda membuat grup kustom dalam tab. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
  1. Klik kanan Ribbon dan pilih Customize Ribbon. Kemudian akan muncul sebuah sebuah kotak dialog seperti gambar dibawah ini.
  2. Klik tab baru. Sebuah tab baru akan dibuat dengan sebuah kelompok baru di dalamnya.
  3. Pastikan Anda memilih kelompok baru.
  4. Pilih perintah dari daftar di sebelah kiri, kemudian klik Tambah. Anda juga dapat menarik perintah secara langsung ke dalam kelompok.
  5. Ketika Anda selesai menambahkan perintah, selanjutnya klik OK.

Catatan :
Apabila Anda tidak menemukan atau melihat perintah yang Anda inginkan, maka alternatif lainnya yaitu klik pada perintah menu drop-down box dan pilih Semua Perintah. Maka akan tampil menu dialog seperti tampak pada gambar dibawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hatur Nuhun....
Trimakasih atas Komentarnya........
Salam Sahabat dari LINDA.................